Kamis, 06 September 2012

KKOMPUTER ANDA LOYO BIN LEMOT??? TIDAK AKAN TERJADI...BILA ANDA RAJIN MERAWAT KOMPUETR ANDA!!!

Perawatan Komputer
       Komputer telah digunakan oleh semua kalangan, dari yang muda sampai  yang tua. Dari siswa Sekolah Dasar,pejabat  sampai kalangan bisnis. Hampir setiap kegiatan, komputer telah menjadi bagian kehidupan mereka untuk mempermudah tugas dan pekerjaan. Apa jadinya bila komputer yang sedang Anda pergunakan tiba-tiba lemot, atau bahkan tidak merespon apa yang kita minta? Bisa dipastikan komputer Anda butuh perawatan khusus agar sistem di dalamnya bekerja kembali secara normal. 
       Seperti halnya manusia, komputer pun membutuhkan perawatan, perhatian, dan asupan lengkap agar dapat beraktivitas secara prima.  Sistem dalam jaingan komputer membutuhkan perawatan secara berkala. Hal ini diperlukan agar sistem yang telah terpasang dapat selalu bekerja sesuai fungsinya. Sistem yang tidak bekerja sesuai fungsinya dapat mengakibatkan pekerjaan terhambat, apalagi bagi kalangan usah. Dan ini berarti kerugian pada sebuah perusahaan tersebut.
         Ada beberapa hal yang menjadi tujuan dalam perawatan komputer ini, diantaranya adalah:
  1. Menuntun pemakai untuk dapat memakai dan mengoperasikan komputer dengan baik dan benar.
  2. Menjaga agar data penting tidak hilang dengan mem-back up data tersebut secara rutin dalam kurun waktu tertentu.
  3. Mengikuti prosedur paket perawatan jaringan komputer secara professional.
  4. Menerapkan komputerisasi untuk proses kerja, sehingga efisiensi kerja akan meningkat.
Perawatan yang dilakukan tidak hanya pada software-nya saja,tentunya untuk hardware-nya juga harus benar-benar diperhatikan. Untuk hardware,komputer Anda perlu dibersihkan dari kotoran, debu, maupun minyak yang menempel. Sedangkan bagian sofware perawatan yang diharapkan mencakup:
  1. Membuat salinan untuk data-data penting  yang ada pada komputer, yang disebut System Back-up.
  2. Merapihkan data dengan cara defragmentasi data, membuang sampah-sampah yang ada pada komputer, memperbaiki kesalahan setting, yang disebut dengan System Optimiation
  3. Membangun dan menata ulang kembali sistem yang rusak oleh faktor yang tidak disengaja, supaya sistem dapat bekerja kembali seperti semula, yang disebut System Rebuild.
  4. Menambah fungsi, memperbaharui sistem yang ada sesuai dengan permintaan, testing stabilitas untuk hardware dan software sebelum pemasangan, yang disebut System Upgrade.
  5. Melacak dan membersihkan virus dari komputer dan jaringan atau Pembersihan Virus
  6. Pemasangan dan perubahan password, untuk pengamanan sistem dan data penting dari orang luar yang tidak berkepentingan.
 Apabila perawatan di atas Anda kerjakan secara berkala, tidak akan lagi komputer lemot kan???



Sumber:
http://www.smartpratama.com/berita-66-maintenance-computer--network.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar