Jumat, 06 Juli 2012

KOMPUTER UNTUK DUNIA PENDIDIKAN

sumber gambar:www.google.co.id

      Di zaman sekarang ini, komputer bukan lagi merupakan barang langka, mewah atau mahal. Komputer telah dipergunakan di segala macam bidang kehidupan, dari mulai pemerintahan, perkantoran, perkebunan, pertanian, rumah sakit, restoran sampai penyedia jasa ojek di perkotaan. Begitu pula dalam dunia pendidikan. Pendidikan di Indonesia mulai 'dimeriahkan' dengan komputer bukan semata-mata karena adanya mata pelajaran baru bernama TIK saja, tetapi jauh sebelum itu pendidikan di Indonesia sudah dipaksa untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin meng-global.
     Pada awalnya komputer digunakan di sekolah sebagai alat bantu  administrasi untuk mendukung managemen sekolah. Tetapi ternyata seiring dengan perkembangannya, komputer dapat dimanfaatkan juga oleh pendidik (guru) dan juga peserta didik dalam proses pembelajaran.
A. Komputer untuk para Pendidik
      Para pendidik (guru) mendapatkan manfaat yang sangat besar dari adanya komputer, tidak hanya sebagai alat ganti mesin tik saja.  Pekerjaan para guru dipermudah baik dalam tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, maupun tahap evaluasi pembelajaran

   a. Tahap perencanaan Pembelajaran
Pada tahap ini guru dapat membuat semua program (baik program tahunan maupun program semester), silabus, maupun membuat RPP untuk merencanakan Kegiatan Belajar Mengajar yang bervariasi.

   b. Tahap Pelaksanaan Pembelajaran

Kegiatan Belajar Mengajar merupakan inti dari interaksi antara guru dan peserta didik. Penggunaan media pembelajaran yang monoton kadang membuat mata pelajaran yang diampu menjadi tidak menarik dan membosankan. Dengan komputer para pendidik dapat membuat media pembelajaran yang menarik, efektif dan inovatif melaui media presentasi yang refresentatif. Selain itu, semua bahan ajar yang dibuat dapat diunggah di internet, sehingga peserta didik dapat membukanya kapanpun mereka mau.

c. Tahap Evaluasi Pembelajaran
Pada tahap evaluasi ini, komputer membantu para pendidik untuk mengolah skor/nilai para peserta didik dengan cara yang cepat dan tepat. Artinya para pendidik tidak usah menghitung secara manual lagi, hanya dengan memasukkan nilai akan keluar angka-angka yang dibutuhkan. Termasuk untuk menganalisa soal yang dibuat.
                                                                                                    
B. Komputer untuk Peserta Didik                                               

Pada umumnya, peserta didik di negara kita ini telah mengenal komputer, baik yang duduk di bangku SD, SMP maupun SMA. Disamping terdapat mata pelajaran TIK yang harus dikuasai, juga terdapat ketertarikan yang besar dari mereka terhadap barang yang dianggap sedang menjamur ini. Apalagi dengan adanya koneksi internet yang semakin mudah. Banyak dari peserta didik yang telah memanfaatkan komputer dengan baik. Dari mulai membuat tugas/laporan, mencari informasi tentang mata pelajaran tertentu, sampai berhubungan dengan peserta didik lain di seluruh dunia.


 sumber gambar: www.google.co.id

Pemanfaatan oleh pendidik dan peserta didik tersebut akan menciptakan kondisi yang sinergis antar keduanya. Hal ini memungkinkan adanya pembelajaran yang tidak terpaku pada kungkungan dinding ruang kelas, tapi belajar dan pembelajaran dapat dilakukan tanpa dibatasi ruang dan waktu. Artinya, seluruh pendidikan di Indonesia suatu saat nanti dapat diikuti oleh semua orang melalui komputer dan teknologi informasi.
Berdasarkan penjelasan di atas, jelas sudah manfaat komputer untuk dunia pendidikan. Banyak sekali kelebihan komputer yang dapat kita manfaatkan, dan tentunya ada juga kekurangan dari komputer yang harus kita hindari. Tergantung pada kita yang menggunakannya.
*060712.
      
 **Sumber gambar: www.google.co.id    
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar