Senin, 30 Juli 2012

MULTIMEDIA DI SEKELILING KITA


     A. Pengertian Multimedia

Multimedia
     Hidup kita sekarang dipermudah, diperjelas, dibantu dengan namanya multimedia. Apa sebenarnya Multimedia itu?
Pengertian multimedia secara etimologi (menurut kamus/ensklopedi) berasal dari dua kata “MULTI” dan “MEDIUM”. Yang berarti :
MULTI (Latin noun) bermacam-macam, banyak.
MEDIUM (Latin) : Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
MEDIUM (American Heritage Electronic Dictionary, 1991) : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi. Secara terminologi (menurut istilah) Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa, menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.
     Ada beberapa definisi menurut beberapa ahli yang menjelaskan tentang multimedia. Menurut Rosch (1996), multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video. Sedangkan menurut Turban,dkk (2002) menjelaskan bahwa multimedia adalah kombinasi dari sedikitnya dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar. Atau menurut Robin dan Linda (2001), multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video.Jadi melihat definisi-definisi tersebut dapat diartikan bahwa multimedia adalah penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, grafik, animasi, dan video.

B. Peranan Multimedia

     Kebutuhan informasi bagi semua orang, baik yang bergerak di bidang pendidikan, perusahaan, hiburan dan sebagainya mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hal ini dilakukan dengan efisiensi waktu, biaya dan ruang. Manusia zaman sekarang cenderung menginginkan  perolehan dan penyimpanan informasi dengan cara yang sederhana, cepat, menyenangkan, efisien dan dengan biaya yang murah.
Disisi lain berdasarkan pengamatan terhadap kemampuan manusia dalam menerima dan mengingat informasi yang diterimanya, menurut Riset Computer Technology Research (CTR) ;
  • Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat
  • Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar
  • Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
  • Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan
Mengacu pada hasil penelitian tersebut, para ahli teknologi berupaya menciptakan teknologi yang memungkinkan manusia memperoleh informasi yang diingininya dengan cara melihat, mendengar dan mengalami (menjadi pelaku) di dalamnya.
Kemampuan multimedia dalam memudahkan aktivitas manusia diantaranya :
  • Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking dan telecommunicating adalah Netmeeting.
  • Mengubah cara belanja. Homeshooping/teleshooping dapat digunakan dengan menggunakan fasilitas internet
  • Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia. Belajar on-line, e-learning dengan menggunakan e-book.

  C. Klasifikasi Multimedia

 Multimedia secara garis besar dapat dibagi menjadi kategori linear dan non-linier.
Multimedia Linear
 Konten linear aktif  berlangsung tanpa kontrol navigasi untuk penampil seperti presentasi bioskop. Konten non-linear menawarkan adanya hubungan interaktif antara pengguna untuk mengontrol kemajuan seperti yang digunakan dengan game komputer atau digunakan dalam pelatihan berbasis komputer.  Hypermedia adalah contoh konten non-linear. Presentasi multimedia dapat ditayangkan secara langsung ataupun direkam. Presentasi multimedia dapat dilihat oleh orang di atas panggung, diproyeksikan, dikirimkan, atau dimainkan secara lokal dengan media player. Siaran mungkin merupakan rekaman atau presentasi multimedia langsung.
     

C. Pemanfaatan Multimedia 

     Sekarang multimedia telah dimanfaatkan di segala bidang kehidupan.Adapun bidang-bidang tersebut diantaranya:
           1. Bidang Industri Perfilman 
    Multimedia muncul berawal dari dunia seni, khususnya dunia pertunjukkan. Sekarang hal tersebut berlanjut termasuk pada dunia akting , animasi, dan pengambilan adegan film. Adegan dalam film  akan direkam dengan    perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer, begitu pula dengan proses pengeditannya. Dunia animasi sekarang pun dibuat dengan menggunakan aplikasi komputer.
           2. Bidang Otomotif
      Kebutuhan otomotif di dunia telah mencapai jumlah yang luar biasa. Hal ini tentunya memacu dunia industri otomotif untuk berkarya lebih dari memanfaatkan tangan-tangan manusia.  Mobil dan motor di buat peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer, tentunya dengan menggunakan multimedia..
           3. Bidang Transportasi 
Multimedia telah membantu semua jadwal dan jalur transportasi baik darat, laut maupun udara. Kita lihat saja salah satu contohnya yaitu pada pengaturan lampu lalu lintas.
          4. Bidang Pendidikan
     Belajar dan pembelajaran saat ini telah didukung oleh teknologi yang semakin pesat. Pendidik tidak lagi menyampaikan materi pelajaran hanya dengan bantuan satu jenis media pembelajaran saja. Tanpa kita sadari pendidik telah menggunakan media lebih dari dua jenis, ini berarti mereka telah menggunakan multimedia.
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
2. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.
3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.
4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun dan lain-lain.
6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.


Sumber:
http://google.co.id.
http://stiebanten.blogspot.com/2011/07/manfaat-multimedia-dalam-kehidupan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar