Senin, 30 Juli 2012

Melalui Internet: Dunia di Genggaman Kita...

"Hari gini ga tau internet??? Cape, dehhhhhh......"

Kalimat di atas terdengar sederhana, tapi maknanya sangat dalam karena mereka yang dianggap tidak tahu akan internet sama saja dengan orang yang tidak bergaul, tidak tahu kemajuan zaman, tidak termasuk pada manusia yang mengusung era globalisasi dan informasi. Apalagi di kalangan anak muda sekarang, termasuk diantara peserta didik kita. Menurut Wikipedia, Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Pada mulanya, internet diperuntukkan bagi kalangan militer, lalu masuk dunia pendidikan di universitas terkenal AS, selanjutnya internet tersebar ke seluruh dunia dengan begitu dasyatnya. Hal ini ditandai dengan jumlah pengguna internet yang semakin banyak dan bertambah.
     Zaman sekarang ini, anak-anak tumbuh dan dewasa lalu bekerja dalam dunia yang memberi akses terhadap begitu banyak informasi. Setiap orang dapat memberi versi apapun tentang suatu kebenaran sesuai dengan keinginan mereka. Internet merupakan gudang informasi, yang didalamnya tidak ada aturan baku. Dengan demikian sangatlah penting bagi kita untuk memahami bagaimana mengakses, cara memvalidasi, mengerti pengaturan informasi, dan memahami keahlian dasar dalam berkomunikasi. Apabila kita memahami semua itu, maka akan terhindar dari informasi yang kurang tepat, dan dari orang-orang yang ingin memanfaatkan ketidaktahuan kita.
     Internet menghubungkan kita pada siapapun (di belahan manapun mereka berada) secara langsung. Baik melalui e-mail, jejaring sosial, atau melalui videoconference. Internet pun dapat dimanfaatkan dalam segala bidang kehidupan. Pemanfaatan tidak hanya untuk anak-anak sekolah atau mahasiswa saja, orang-orang diperkantoran sampai ibu rumah tangga bahkan sudah pandai menjelajah dunia internet. Hal itu menandakan bahwa internet memilki manfaat bagi kita semua. Manfaat yang dapat kita gali dari internet:
1. Sebagai sumber berita sumber pengetahuan, khususnya dalam mencari sumber primer yang kita butuhkan.
2. Menggunakan internet sebagai media berbisnis, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yag banyak..
3.Sarana untuk berkomunikasi satu sama lain, membuat suatu komunitas dengan visi-misi yang sama, atau sekadar mencari teman lama.
Manfaat tersebut dapat kita akses dengan sangat mudah, dengan sekali pijit dari laptop kita..
Bukankah itu sama dengan dunia memang ada dalam genggaman kita??????????
     
Sumber: 
November,Alain. 2010. Empowering Students with Technology. Corwin: USA.
https://www.google.co.id

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar